Sambut Milad UMMI Yang Ke-12, LPPM UMMI Adakan Seminar Doktor

Masih dalam serangkaian kegiatan menyambut datangnya Milad UMMI yang ke-12, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyag Sukabumi (LPPM UMMI) mengadakan kegiatan yang bertajuk Seminar Doktor, (Rabu, 10/06/15).

Seminar yang bertemakan "Melalui Pengembangan Penelitian UMMI Berkontribusi Untuk Masyarakat yang Berkemajuan" ini dilaksanakan di Ruang Auditorium Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Hadir selaku Keynote Speaker dalam seminar ini yaitu Prof. Dr. Deddy Ismatullah, SH. M.Hum yang merupakan mantan Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung.

Kegiatan ini dimulai pukul 08:30, dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran lalu dilanjutkan dengan sambutan dari ibu Yuni Sri Wahyuni MT. yang merupakan ketuan dari LPPM UMMI. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutinan yang diadakan oleh LPPM UMMI setiap tahunnya. Adapun maksud diadakannya seminar ini diantaranya yaitu untuk mempromosikan para doktor kepada seluruh sivitas akademik UMMI dan juga masyarakat luar, sehingga nantinya bisa saling bersinergi satu sama lain. Selain itu kegiatan ini juga diahrapkan bisa memotivasi para calon doktor yang sedang menempuh pendberita_idikan ataupun yang baru bergelar S2. Dan untuk mahasiswan, dihhharapkan kegiatan seminar ini bisa membuat mahasiswa menjadi lebih mengerti akan gelar doktor yang suatu saat mungkin akan merekaraih, mahasiswa juga diharapkan mengerti akan berharganya suatu hasil dari penelitian untuk mencapai gelar doktor.

Selesai sambutan dari Ketua LLP UMMI, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Rekto UMMI, Prof. Dr. Asmawi Zainul yang sekaligus membuka secara resmi Semonar Doktor ini. Dalam sambutannya Prof. mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi terhadap penyenggaraan acara ini, karena seminra ini bisa memperluas wawasan bagi para pesertanya tentang gelar doktor.

Prof. juga menegaskan bahwasannya dosen itu seharusnya mengajar tberita_idak hanya menggunakan buku hasil karya orang lain, tetapi mereka seharusnya menggunakan buku atau materi yang merupakan hasil dari penelitian dan pemahaman yang ia lakukan, sedangkan buku karya orang lain itu digunakan sebagai rujukan atau referensi saja.

Berlanjut keacara puncak yaitu pemaparan materi dari Prof. Dr. Deddy Ismatullah, SH. M.Hum, dalam pemaparan materinya beliau menjelaskan bahwasannya Doktor itu merupakan gelar yang dberita_idapatkan dengan cara yang tberita_idak mudah, karena harus mlekukan serangkaian penelitian sehingga bisa menemukan suatu ilmu baru yang sebelumnya belum ada. Penelitian-penelitian seperti ini sudah dilakukan sejak dulu, baik oleh para ilmuan-ilmuan muslim ataupun ilmuan-ilmuan lainnya.

Seseorang yang sudah mendapatkan gelar doktor sudah seharusnya bisa mengamalkan dan memanfaatkannya dengan baik, baik bagi dirinya ataupun juga bagi orang lain. Bagi para dosen yang belum mendaptkan gelar ini diharapkan untuk terus berupaya dengan baik dan juga melakukan penelitian-penelitian ataupun membuat jurnal yang sesuai dengan kaberita_idah yang sudah ada.