Tahun 2016, LPPM UMMI 'Banjiri' Dikti Dengan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Auditorium, ummi.ac.id – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakan (LPPM) Universitas Muhammadiyah Sukabumi menggelar Lokakarya Akhir Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2016 dan Seminar Akhir Tahun di Auditorium UMMI, Selasa (27/12/16).

Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UMMI, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd. Hadir dalam kegiatan ini dekan fakultas, dosen dan mahasiswa UMMI serta turut dihadiri oleh perwakilan Diskoperindag Kota Sukabumi.

Sambutan Rektor UMMI, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd

Dalam sambutannya Rektor berharap untuk sama-sama memakmurkan lokakarya serta mengangkat potensi daerah.

Sementara itu ketua KKN Tematik yang sekaligus ketua LPPM UMMI, Dr. Reni Mulyani, M.Si menyampaikan bahwa tahun ini UMMI telah melaksanakan KKN Internasional di Thailand dan KKN Nasional di Gorontalo serta KKN Tematik di sekitaran Sukabumi yang terbagi dalam 6 kelompok, pertama KKN Tematik, kedua KKN Tematik Budaya, KKN Tematik Aisyiyah, KKN Tematik Posdaya, KKN Tematik BUMDES, KKN Tematik LPCR.

Dalam kesempatan tersebut Reni Mulyani juga menyampaikan bahwa pada tahun ini di UMMI jumlah penerima hibah penelitian Dikti sebanyak 19 penelitian dan 2 hibah pengabdian Dikti. Selain itu 31 Dosen mendapat hibah internal, yang terdiri dari Penelitian Internal sebanyak 5 Dosen dan 4 kelompok Pengabdian terhadap masyarakat.

Pada Lokakarya Akhir hadir 6 narasumber yang merupakan kordinator program atau yang mewakili dari program KKN Tematik 2016 antaranya, Lusi Susilawati, M.Hum (KKN Tematik), Dr. Saprudin, M.Hum (KKN Tematik Budaya), Sistiana Windyariani, M.Pd (KKN Tematik Aisyiyah), Dr. Darmono H. Suwiryo, MM (KKN Tematik BUMDES), Lionita Siwiyanti, S.Ag.,MM (KKN Tematik LPCR), dan Salih Muharam, M.Si (KKN Tematik POSDAYA).

Acara dilanjut dengan presentasi sesi pertama dari 5 Penelitian Internal, yang masing-masing diberi waktu 10 menit untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. 5 Presenter tersebut yakni, Neneng Kartika Rini, M.P., Afatul Makiyah, M.Kes., Dyah Lyesmaya, M.Pd., dan Billyardi Ramadhan, M.Pd.

Kemudian dilanjutankan dengan presentasi sesi kedua dari 4 kelompok Pengabdian kepada Masyarakat. 4 Kelompok tersebut dalam presentasinya diwakili oleh Ramdan Sukmawan, M.Hum., R. Eriska Ginalita, M.H., Lela Laelatul Khumaisah, M.Si., dan Asep Munajat, M.Pd.

Disesi terakhir, acara ditutup dengan pembacaan penerima penghargaan ilmiah LPPM UMMI tahun 2016 yang terdiri dari 6 kategori yakni Peneliti Terbaik yang diberikan kepada Pelita Octorina, M.Si., Pengabdi Terbaik kepada Yanti Mulyanti, M.Pd., Publikasi Terbaik kepada Amalia Nur Milla, M.P., Poster Terbaik kepada Ashrul Tsani., S.P.,M.P., Program Studi Terbaik kepada Program Studi Agribisnis, dan Fakultas terbaik kepada Fakultas Sains dan Teknologi.

Sebagai informasi tambahan KKN untuk Gelombang 1 (Khusus Mahasiswa Semester VII) akan dilaksanakan bulan Maret/April 2017 dan pendaftaran dimulai dari 28 Desember 2016 sampai 28 Januari 2017, Serta Pendaftaran KKN Nasional : KKN Muhammadiyah untuk Negeri di buka sampai dengan 5 Januari 2017, Sisa Kuota 8 Mahasiswa, untuk  mahasiswa semester V yang berminat segera menghubungi LPPM UMMI Dan untuk KKN Internasional di Malaysia pendaftaran paling lambat tanggal 30 Desember 2016 yang berminat segera menghubungi Kantor Urusan Internasional (KUI) UMMI.